Monday, August 8, 2016

UNTAIAN PERISTIWA

Dialog Aspirasi Organisasi Profesi Guru PAUD
Bupati MKP beserta istri pada kegiatan Dialog Penyampaian Aspirasi 
Organisasi Profesi Guru PAUD di Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.
RATUSAN guru PAUD yang terhimpun dalam HIMPAUDI (Himpunan Pengajar Anak Usia Dini) Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, melakukan dialog penyampaian aspirasi organisasi profesi guru PAUD kepada Bupati Mustofa Kamal Pasa (MKP), Selasa (15/3), di Pendopo Graha Majatama.
            Ketua PAUD Kabupaten Mojokerto, Choirul Izza, melaporkan jika HIMPAUDI Kabupaten Mojokerto telah mengukir sejarah baru pada agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II HIMPAUDI di Jakarta, pada Maret lalu.
            “Tema Rakernas II Maret lalu adalah Menyongsong HIMPAUDI Profesional dan Mandiri Dalam Gerakan Nasional PAUD Berkualitas. HIMPAUDI Kabupaten Mojokerto ikut mengukir sejarah dengan terlibat sebagai Agen Penggerak Gerakan Nasional (Gernas) PAUD Berkualitas. Rekernas tersebut kemudian diikuti dengan Pengukuhan Agen Penggerak Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gerakan Manjur). Kegiatan ini bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” terangnya.
            Agen Penggerak Gernas Manjur diharapkan menggerakkan seluruh guru, tenaga pendidikan, keluarga dan lembaga PAUD untuk menyelenggarakan Pembelajaran Aku Anak Jujur dengan 10 prinsip PAUD. Puncak kegiatan Gernas Manjur tahun 2016 yakni kegiatan pembelajaran serentak se-Indonesia pada hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei.
Izza menambahkan, Agen Penggerak Gernas PAUD Berkualitas dibentuk dengan harapan agar  seluruh komponen bangsa terutama HIMPAUDI se-Indonesia bisa bergerak untuk mewujudkan indikator capaian PAUD.
“HIMPAUDI menyusun Gerakan Satu Hati, Satu Aksi, dan Satu Dedikasi. Dengan demikian kita berharap terjadi perubahan wawasan berpikir dan motivasi yang tinggi. Pengukuhan HIMPAUDI sebagai agen penggerak merupakan sebuah janji dan kesungguhan kita untuk terus bergerak dan menggerakkan kebaikan,” tambah Izza.
            HIMPAUDI secara lebih dalam merupakan wadah organisasi profesi yang bersifat independen, yang menghimpun pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini Indonesia. Organisasi ini memiliki visi untuk berusaha secara berdaya guna dan berhasil guna, serta menghimpun aspirasi dan meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini Indonesia.
            Bupati MKP yang didampingi Penasehat HIMPAUDI Kabupaten Mojokerto sekaligus sang istri, Ikfina Fahmawati, serta Wakil Bupati Pungkasiadi yang juga didampingi istri, memberi apresiasi atas dedikasi luhur para guru PAUD Kabupaten Mojokerto.
            “Terkait Gernas PAUD, saya berharap pada HIMPAUDI untuk ‘menyentuh’ orangtua. Selain berperan dalam pembentukan karakter anak-anak bangsa, para orangtua merupakan roda penggerak. Saya kira HIMPAUDI bukan hanya mendidik, tapi  menjadi inspirasi bagi masyarakat. Pemerintah daerah sangat bangga dan mendukung penuh HIMPAUDI Kabupaten Mojokerto. Penggerak punya tanggung jawab berat, tentu bakal melibatkan semua pihak. Tanpa dukungan, gerakan akan susah dijalankan. Insya Allah ke depannya nanti, kita beri HIMPAUDI hibah,” tutur Bupati MKP.
            Mengutip agenda Rakernas HIMPAUDI II, Ketua Umum HIMPAUDI, Nety Herawati, mengatakan jika pembangunan PAUD bukan untuk mencari materi, tetapi melaksakan tugas belajar dan mengajar untuk PAUD. Nety mengajak untuk melibatkan keluarga sekaligus anak agar dapat memahami visi-misi HIMPAUDI.

            Agen Penggerak Gerakan Pendidikan dalam keluarga diharapkan dapat menggerakkan seluruh komponen bangsa terutama HIMPAUDI se-Indonesia, untuk mendidik keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan, program gizi-kesehatan, pengasuhan dan perlindungan yang bermutu melalui pembelajaran, yang bermakna dan menyenangkan di lingkungan keluarga. (F.325) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment