Thursday, August 4, 2016

LINTAS NGAWI

BUPATI NGAWI MEMBERIKAN APRESIASI
PROGRAM SENI BUDAYA DISPARIYAPURA

DINAS Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dispariyapura) Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, pada tahun 2016 ini banyak menampilkan program kegiatan seni budaya dalam rangka meningkatkan apresiasi budaya di kalangan masyarakat, khususnya para pelajar mulai SD, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Hal ini diungkapkan Drs Anwar Rifa’I, Kepala Dispariyapura Kabupaten Ngawi.
“Dalam upaya menumbuhkan rasa seni di kalangan masyarakat khususnya pelajar, kami berupaya mengadakan kegiatan pentas seni budaya seperti ketoprak pelajar dan mahasiwa yang dipentaskan malam Minggu, 19 Maret 2016, di Alun-alun Tengah Merdeka Ngawi dengan mengambil lakon Sumilaking Pedhut Lereng Gunung Lawu dengan Sutradara Sukadi MPd, Kabid Kebudayaan. Selain itu juga mengadakan pentas wayang orang, tari, band pelajar dan teater secara bergantian setiap malam minggu bertempat di seputar Alun-alun Merdeka Ngawi dan terakhir mengadakan pelatihan vokal yang diikuti siswa SMA/SMK/MA se-Kabupaten Ngawi. Penutupan dari pelatihan vokal diadakan pentas seni di gedung Eka Kapti dengan mendatangkan artis Ibu Kota yang dikenal sebagai Duta Narkoba Indonesia yaitu Nafa Urbach dan Zack Lee, suaminya, yang mendapat aplaus yang meriah dari penonton, ujarnya.
Bupati Ngawi, Ir Budi Sulistyono, usai acara penutupan pelatihan vokal ketika ditemui Prastiwi dari FAKTA mengatakan,“Sangat memberikan apresiasi kepada semua program seni budaya Dispariyapura Kabupaten Ngawi terutama malam ini yang menampilkan hasil pelatihan vokal dari para siswa seperti paduan suara, band pelajar, vokal tunggal dengan memainkan orgen sendiri. Kegiatan semacam ini harap terus dikembangkan untuk memberikan bekal kepada para siswa agar memiliki talenta khususnya dalam dunia tarik suara. Apabila semua potensi seni budaya di Kabupaten Ngawi ini digali dan diimplementasikan kegiatannya oleh Dispariyapura diharapkan nantinya Ngawi sebagai kiblat seni budaya yang beragam di Jawa Timur dengan Benteng Pendem, Museum Trinil, Jamus, Batik Ngawi, Kripik Tempe dalam rangka menyongsong Ngawi Visit Years 2017, ungkapnya.

Ketua Panitia Pelatihan Vokal Dispariyapura Kabupaten Ngawi, Asih Sumiati MM, menjelaskan, pelatihan vokal ini dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 18 s/d 22 Maret 2016 bertempat di Gedung PKK Kabupaten Ngawi yang diikuti 87 pelajar se-Kabupaten Ngawi. Selama latihan vokal ini para siswa berlatih dengan serius dan dipandu oleh instruktur yang berpengalaman. Hasil pelatihan ditampilkan pada malam penutupan yang mendapat apresiasi luar biasa dari para penonton dan Bupati Ngawi, jelasnya. (F.968) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment