Monday, March 7, 2016

SURABAYA RAYA

ADVETORIAL

Adipura Kencana Kebanggaan Masyarakat Kota Surabaya

Pj Walikota Surabaya, Nurwiyatno, mengangkat tinggi-tinggi Adipura Kencana 2015 yang untuk keempat kalinya berturut-turut diraih Kota Surabaya
TAMAN Surya menjadi tempat “pesta perayaan” keberhasilan Kota Surabaya mendapatkan Piala Adipura Kencana untuk keempat kalinya secara berturut-turut, Selasa (24/11). Ratusan pasukan kuning dan petugas kebersihan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan juga siswa-siswi dari berbagai sekolah, ikut merasakan kebanggaan memenangi Adipura Kencana.
Sebelumnya, piala penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dan pengelolaan kota tersebut diarak dari Markas Korem 084 Bhaskara Jaya di Jalan Ahmad Yani menuju Taman Surya. Arak-arakan yang menggunakan beberapa Jeep Willys tersebut dipimpin Pj Walikota Surabaya, Nurwiyatno, bersama rombongan SKPD dan sekolah penerima penghargaan. Bersama dengan Piala Adipura Kencana, juga diarak Piala Kalpataru untuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tunas Hijau, juga tiga piala Adiwiyata, Indonesian Green Awards dan penghargaan status lingkungan hidup daerah. Tiba di Taman Surya, Nurwiyatno menyerahkan piala Adipura Kencana ke Ketua DPRD Surabaya, Armuji, yang sudah menunggu di atas panggung. 
“Piala Adipura Kencana ini merupakan bukti nyata Surabaya semakin hebat, bersih dan berwawasan lingkungan. Saya sampaikan penghargaan tertinggi kepada SKPD yang membidangi, lembaga pemerintah dan tentu saja masyarakat yang telah bersinergi dan secara konsisten ikut menjaga kebersihan lingkungan di Surabaya,” tegas Nurwiyatno dalam sambutannya.
Sementara Ketua DPRD Kota Surabaya, Armuji, menyebut keberhasilan Surabaya secara beruntun meraih Piala Adipura Kencana, bukan hanya kebanggaan bagi Pemkot Surabaya maupun DPRD Surabaya. “Adipura Kencana ini kebanggaan bagi seluruh masyarakat Surabaya. Ke depan, kita harus menjaga agar Surabaya tetap menjadi contoh kota bersih di Indonesia,” ujar Armuji. 
Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi, menyatakan, ini merupakan penghargaan Adipura Kencana keempat beruntun bagi Surabaya, dimulai sejak 2012 lalu ketika Adipura Kencana pertama kali diperkenalkan. “Adipura Kencana ini baru ada tahun 2012 dan Surabaya langsung dapat. Surabaya konsisten dari tahun ke tahun. Kita satu-satunya kota yang meraih Adipura Kencana dalam empat tahun beruntun dan kita pertahankan terus,” ujar Musdiq Ali.
Disampaikan Musdiq, untuk tahun ini hanya ada tiga kota di Indonesia yang memenangi Piala Adipura Kencana. Yakni, Surabaya, Balikpapan dan Kendari. Tahun lalu, ada delapan kota yang bisa memenanginya. “Tahun ini penilaiannya lebih ketat. Untuk Adipura Kencana, penilaiannya memang lebih kompleks, berbeda dengan Adipura. Selain bersih, kualitas udara bagus, juga ada inovasi,” sambung dia.
Musdiq menjelaskan, salah satu poin besar dalam penilaian Adipura Kencana adalah sistem pengelolaan sampah. Dan, yang menjadi keunggulan Surabaya adalah pengelolaan Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) Benowo yang sekarang dikelola secara modern. “Tidak hanya jadi kompos, tetapi juga diolah jadi energi (waste to energy),” ujar Musdiq Ali.
Pemkot Surabaya juga telah melakukan berbagai inovasi dalam pengelolaan lingkungan. Salah satunya menyulap lahan bekas TPA Keputih yang kini menjadi Taman Harmoni, juga memasyarakatkan masalah penghematan energi di sekolah dan kantor, menggerakkan green building dan menjaga ikon kota Surabaya hijau dengan banyaknya taman kota dan ruang terbuka hijau.

“Dan, tidak kalah pentingnya adalah partisipasi masyarakat Surabaya yang konsisten mendukung program lingkungan kota. Kita lihat, prasarana seperti taman meski terbuka dan nggak ada pagar, tapi kondisinya tetap bagus karena kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan memang bagus,” sambung Musdiq. (Rilis) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment