Thursday, March 15, 2018

LINTAS JATENG

Komsos Keluarga Besar TNI Turut Tingkatkan Iklim Kodusif
Wilayah Jateng Dan DIY


KODAM IV/Diponegoro menggelar komunikasi sosial (komsos) dengan ratusan Keluarga Besar TNI (KBT) wilayah Jateng dan DIY yang berlangsung di Balai Diponegoro (14/3/2018). Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto SSos MSi, berharap forum ini digunakan sebagai sarana silaturahmi antara Kodam IV/Diponegoro  dengan KB TNI, sekaligus sharing informasi terkait dengan berbagai persoalan yang dihadapi Kodam IV/Diponegoro dan bangsa pada umumnya. Acara Komsos ini dihadiri Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari SIP MSi, para pejabat jajaran Kodam IV/Diponegoro, para pengurus PEPABRI, LVRI, PPAD, PERIP, PIVERI, PPM dan FKPPI.
Lebih lanjut pangdam menyampaikan, forum ini juga bisa menjadi jembatan yang mampu menghilangkan sekat-sekat antara TNI AD khususnya Kodam IV/Diponegoro dengan Keluarga Besar TNI dan memperkokoh soliditas antar organisasi KB TNI agar tidak terbelah dengan prinsip silih asih, silih asah dan silih asuh.


Diharapkan dengan komunikasi yang intensif antara prajurit Kodam IV/Diponegoro dengan KB TNI akan terjalin hubungan emosional yang erat dan harmonis dalam mendukung tugas pokok Kodam IV/Diponegoro khususnya dalam penyelenggaraan pembinaan teritorial serta terwujudnya kerja sama yang erat dalam mendukung pokok-pokok kebijakan pemerintah dalam rangka melaksanakan pembangunan nasional.
Di sisi lain, Mayjen TNI Wuryanto SSos MSi menjelaskan bahwa baru-baru ini berdasarkan hasil survei lembaga terpercaya, TNI mendapatkan kepercayaan dari masyarakat mencapai angka 94% dibandingan dengan instansi lain. “Ini suatu kebanggaan bagi TNI atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat, maka kita harus mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kepercayaan tersebut,” ungkap pangdam.
Kepercayaan rakyat dengan TNI tersebut akan mewujudkan suatu kemanunggalan yang pada akhirnya akan membentuk kekuatan yang sangat luar biasa yang tidak dapat dipisahkan. Salah satu bentuk kemanunggalan yang terwujud adalah dengan jalinan komunikasi yang intensif antara prajurit Kodam IV/Diponegoro dengan KB TNI.


Dengan mendapat kepercayaan sebagai institusi yang paling dipercaya, pangdam meminta kepada Keluarga Besar TNI untuk bisa mengingatkan kepada prajurit di semua level untuk menjaga kepercayaan tersebut. “Masyarakat sangat berharap TNI tetap menjadi pilar utama persatuan dan kesatuan bangsa,” tandas pangdam.
Pangdam juga menyampaikan bahwa dengan kemanunggalan TNI –rakyat merupakan cerminan bahwa TNI lahir dari rakyat, maka pimpinan TNI tidak akan mentolerir setiap pelanggaran atau kegiatan yang menyakiti hati rakyat akan ditindak tegas sesuai ketentuan yang berlaku.

Di akhir penyampaiannya, pangdam mengungkapkan harapannya agar segenap anggota KBT senantiasa berperan serta membantu menjaga dan meningkatkan iklim yang telah kondusif di daerah Jateng dan DIY dengan menempatkan diri sebagai agen-agen penyejuk serta dapat menetralisir setiap upaya provokasi atau isu-isu yang memancing masyarakat luas untuk bertindak destruktif dengan mengatasnamakan demokrasi, aspirasi politik, atau lainnya. (Rilis)

No comments:

Post a Comment