Sunday, March 6, 2016

BALANGAN BUMI SANGGAM

PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT DAERAH TERPENCIL

26 petugas yang ikut terdiri dari petugas kesehatan Puskesmas Tebing Tinggi, 
Dinkes Balangan Bidang Pelayanan Kesehatan, 
Dokter PTT dan Komunitas PUTIH Tebing Tinggi 
DINAS Kesehatan Kabupaten Balangan menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang bermukim di daerah terpencil Balangan. Tempat yang dikunjungi yaitu Dusun Nanai Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan. Dengan akses yang cukup sulit dijangkau, yakni sekitar 4 jam perjalanan kaki, perlu waktu dua hari bagi 26 petugas untuk menunaikan tugasnya di dusun yang berada di ujung Kecamatan Tebing Tinggi tersebut.
“Keberangkatan yang dimulai pada pagi hari dan pulang kembali esok harinya tersebut demi memberikan pengobatan serta penyuluhan tentang kesehatan bagi masyarakat Balangan yang jauh dari akses kesehatan seperti rumah sakit maupun puskesmas,” ujar Kepala Dinas Kesehatan setempat.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Humam Arifin, yang memimpin langsung pelayanan kesehatan di daerah terpencil tersebut mengungkapkan, selain memberikan penyuluhan serta pelayanan pengobatan secara gratis, pihaknya juga memberikan bantuan berupa bahan kontak, sabun, odol dan sejumlah peralatan yang menunjang hidup sehat lainnya.
Dari 26 petugas yang ikut, kata Humam, terdiri dari petugas kesehatan Puskesmas Tebing Tinggi, Dinkes Balangan Bidang Pelayanan Kesehatan, Dokter PTT dan Komunitas PUTIH Tebing Tinggi.
“Keberangkatan yang dimulai pada pagi hari dan pulang kembali esok harinya tersebut demi memberikan pengobatan serta penyuluhan tentang kesehatan bagi masyarakat Balangan yang jauh dari akses kesehatan seperti rumah sakit maupun puskesmas”
Meskipun perjalanannya cukup melelahkan, namun kali ini, ujar Humam, para petugas melaksanakan pelayanan kesehatan gratis sembari berwisata alam. Tidak seperti jalan saat berangkat, ketika turun menuju pulang rombongan peduli kesehatan masyarakat Sanggam ini menggunakan rakit yang terbuat dari ban dalam yang berukuran besar untuk mengarungi sungai yang jeram. “Selain bisa memotong waktu dua jam lebih cepat kalau dibandingkan saat naik, dengan mengarungi sungai ini kita mendapatkan kesan tersendiri. Asyik, pemandangannya indah dan punya tantangan tersendiri. Rupanya Balangan mempunyai potensi wisata alam yang sangat luar biasa, sehingga lelahnya perjalanan menuju ke Desa Nanai terbayar lunas oleh indahnya pemandangan perjalanan pulang”.
Kegiatan pelayanan kesehatan gratis tersebut, tambah Humama Arifin, merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh kelompok Peduli Kesehatan Masyarakat Sanggam di desa-desa terpencil di Kabupaten Balangan. (Tim) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment