Wednesday, August 30, 2017

HSU

PAMERAN SEBAGAI  AJANG SILATURAHMI NASIONAL
ANISAH TERIMA PENGHARGAAN PAKARTI  MADYA 2 TINGKAT NASIONAL

Ketua TP PKK HSU, Dra Hj Annisah Rasyidah Wahid MAP, saat menerima piala 
Pakarti Madya 2 Tingkat Nasional dari Ketua Umum TP PKK Pusat.
BERTEMPAT di halaman Gedung PKOR Halim Lampung (14/7), Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dra Hj Annisah Rasyidah Wahid MAP, beserta rombongan TP PKK dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten HSU menghadiri pembukaan pameran dan gelar dagang dalam rangka Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV Tahun 2017.
Ketua Panitia Daerah HARGANAS Ke-24 Tahun 2017, Aprilani Yustin Ficardo, dalam laporan singkatnya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini.
Aprilani mengatakan, acara ini merupakan pembelajaran dalam menumbuhkan minat dan semangat berusaha sekaligus menjadi ajang promosi produk unggulan bagi keluarga khususnya keluarga miskin serta usaha mikro lainnya.
“Melalui kegiatan ini kita dapat membantu kelompok-kelompok usaha mikro guna memasarkan produk unggulannya masing-masing. Dengan harapan dapat membangun jaringan pemasaran yang lebih luas dan memiliki daya saing dengan komuditi produk unggulan masyarakat. Pameran dan gelar dagang ini berlangsung selama 3 hari penuh dari tanggal 13-15 Juli 2017. Tercatat sebanyak 175 stan yang ada dalam pameran kali ini. Peserta pameran sendiri diikuti oleh kementerian, lembaga perwakilan BKKBN, pemerintah daerah, perwakilan PKK dan Dekranasda Provinsi dari seluruh Indonesia, sektor swasta serta usaha mitra kecil menengah. Oleh karena itu pameran ini juga sebagai ajang silaturahmi nasional”.
Dalam kegiatan ini juga TP PKK Kabupaten HSU berhasil menyabet juara Pakarti Madya 2 Tingkat Nasional, yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum TP PKK Pusat.
Ketua TP PKK Kabupaten HSU, Dra Hj Annisah Rasyidah Wahid MAP, mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan, yang mana dengan pembinaan beliau Posyandu Desa Kota Raja, Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten HSU, mendapatkan penghargaan Pakarti Madya 2 Tingkat Nasional. Hal ini tidak lepas dengan kerja sama semua SOPD terkait yang ada di Kabupaten HSU dan pembinaan TP PKK Provinsi Kalsel.
“Memang untuk mempertahankan sesuatu itu tidak mudah, kita harus konsisten bekerja sama dengan SOPD terkait melakukan pembinaan ke depannya dengan lebih giat lagi. Semoga nantinya di tahun yang akan datang kita bisa mendapatkan peringkat 1," ujar Annisah
Annisah juga mengajak kepada masyarakat Kabupaten HSU khususnya dan masyarakat Provinsi Kalsel pada umumnya agar selalu meningkatkan kerja sama baik itu posyandu atau kegiatan lainnya yang berhubungan dengan PKK serta program-program pemerintah daerah.
Ketua TP PKK HSU, Dra Hj Annisah Rasyidah Wahid MAP, beserta rombongan saat menghadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV Tahun 2017 di Lampung (14/7).
Sementara itu stand Kabupaten HSU  juga turut meriahkan HARGANAS XXIV 2017 di Lampung. Suatu kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten HSU bisa turut serta memeriahkan Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV Tahun 2017 di Lampung ini sehingga tidak mau kalah dengan daerah lain HSU juga menampilkan kerajinan tangan dan kuliner khasnya pada Pameran Gelar Dagang dan Kuliner yang bertempat di GOR Sumpah Pemuda, Komplek PKOR Way Halim, Lampung (14/7).
Stan Kelompok UPPKS binaan DISP2KB dan Dekranasda HSU ini memamerkan kain sasirangan yang sudah menjadi kain khas Provinsi Kalimantan Selatan. Selain itu juga ada kerajinan berupa anyaman purun, tas dari bahan eceng gondok. Dan tak ketinggalan stan HSU juga menyediakan penganan khas berupa telur itik asin dan dendeng itik Alabio yang menjadi hewan endemik HSU yang tidak ada ditemukan di daerah lain.
Dari hasil kerajinan tangan hingga makanan khas tersebut berhasil menyedot perhatian para pengunjung pameran, tidak sedikit yang datang bertanya bagaimana cara pengolahannya hingga akhirnya membeli.
Ketua TP PKK HSU, Dra Hj Annisah Rasyidah Wahid MAP, yang juga turun tangan melayani pembeli mengatakan sangat bangga bisa bersanding dengan stan dari seluruh kabupaten dan provinsi yang ada di Indonesia. Kesempatan ini betul-betul dimanfaatkan Annisah untuk mengenalkan budaya, kerajinan serta penganan khas Bumi Nagara Dhipa agar nantinya bisa dikenal di seluruh nusantara bahkan manca negara.

"Kami akan giat mengikuti pameran guna mengenalkan produk HSU guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan membuka jalur pemasaran. Kami juga akan terus melakukan pembinaan kreativitas kepada para pengrajin dan UKM di Kabupaten HSU untuk meningkatkan nilai jual barangnya," tegas Annisah. (Tim)

No comments:

Post a Comment