Wednesday, August 30, 2017

BALANGAN BUMI SANGGAM

Membangun Balangan Dari Desa

Bupati Balangan, H Ansharuddin, langsung ikut turun ke desa-desa untuk menampung permasalahan yang ada di masyarakat dan kemudian dikoordinasikan bersama jajarannya.


AWAL tahun 2017, pasangan Bupati Balangan, H Ansharuddin, dan Wabup Balangan, H Syaifullah, secara resmi meluncurkan Program Gerakan Membangun (Gema) Desa Sehati. Pemkab Balangan telah membentuk SK dan memaparkan proses kerjanya kepada seluruh instansi.
Program andalan ini juga sudah disosialisasikan ke delapan kecamatan yang ada di Bumi Sanggam, dengan harapan dapat berjalan sesuai dengan keinginan. Secara bergiliran, bupati dan wakil bupati turun langsung ke kecamatan-kecamatan untuk menyampaikan serta menjelaskan bagaimana mekanisme program tersebut.
Bupati Balangan, H Ansharuddin, mengatakan, program ini dijalankan dengan melibatkan seluruh pejabat serta kepala dinas yang ada di Kabupaten Balangan, di mana mereka harus membina desa langsung ke lapangan.

Untuk memperkuat koordinasi dalam mengeksekusi program ini, bupati juga telah membagikan beberapa koordinator wilayah untuk membawahi beberapa kecamatan.
"Setiap bulan para kepala dinas, kepala bagian dan sekretariat harus turun ke lapangan untuk membina desa yang telah ditunjuk," ujarnya.
Lebih lanjut dicontohkannya, seperti Dinas PU dan Penataan Ruang, diarahkan untuk membina beberapa desa yang ada di Kecamatan Awayan. Mereka terjun langsung ke desa untuk mencari persoalan apa yang dihadapi oleh desa.
Misalnya ada keluhan warga soal jalan rusak, artinya itu tugas dari Dinas PU dan Penataan Ruang sendiri yang akan mencarikan solusinya. Lalu masalah lainya juga, misalnya masyarakat ingin memperbaiki madrasah atau sekolah.

"Mereka akan melaporkan ke dinas yang terkait, kalau masalah sekolah berarti koordinasinya ke dinas pendidikan, artinya penyelesaian masalah tetap sesuai SKPD yang berwenang. Jadi, setiap bulan semua masalah dicover lalu dilaporkan ke dinas terkait," tuturnya.
Selain pihak dinas, dalam program ini bupati juga melibatkan langsung pihak kecamatan agar lebih intens ke lapangan.
Saya mengharapkan melalui program ini kebersamaan selalu terjalin, terutama kebersamaan dalam menghadapi masalah dan memecahkannya, sehingga masyarakat bisa merasakan kinerja nyata dari pemerintahnya.

Sementara dari segi keamanan, penegakan hukum di pedesaan diperkuat. Salah satu visi misi Bupati dan Wakil Bupati Balangan yakni memberikan kepastian hukum bagi masyarakat, hal itu senada dengan program nawacita presiden, yakni menjaga keamanan dan ketertiban agar tercipta rasa persatuan dan kesatuan yang dijalankan jajaran aparat keamanan.
Berangkat dari sana, Pemkab Balangan melakukan koordinasi dengan jajaran Polres Balangan untuk terus melakukan komunikasi dengan tokoh agama dan tokoh adat guna mempererat hubungan masyarakat dengan polri dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban. "Salah satu upaya kita dalam memberikan kepastian hukum bagi masyarakat yaitu kita akan melakukan koordinasi dengan polri terkait pengadaan polsek di Tebing Tinggi, karena kecamatan ini saja di Balangan yang belum memiliki polsek," kata Bupati Balangan, H Ansharuddin, dalam salah satu kesempatan. Sebagai bahan dukungan pendirian polsek di Tebing Tinggi ini, pihaknya telah menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan kantor Polsek Tebing Tinggi. (Tim)

No comments:

Post a Comment