Saturday, July 8, 2017

ADVETORIAL KABUPATEN MOJOKERTO

Bupati MKP Pimpin Upacara Peringatan
Hari Jadi Pemkab Mojokerto Ke-724

Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa (MKP).
BERTEMPAT di halaman Pendopo Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Pada Selasa pagi, 9 Mei 2017, Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa (MKP), pimpin  upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-724.
Bupati MKP dalam kata sambutannya menyatakan, penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di segala bidang secara bertahap dan berkelanjutan (sustainable development), memiliki impact pada meningkatnya kualitas pelayanan publik dan taraf perekonomian serta kesejahteraan masyarakat.
Sesuai tema tahun ini yakni “Dengan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto Ke-724 Tahun 2017 Kita Tingkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) Dalam Pelayanan Publik Guna Meningkatkan Kesejahteraan”, bupati mengajak seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar lebih mengoptimalkan kinerjanya.
“Saya minta seluruh pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mojokerto untuk bekerja lebih keras lagi dan mengoptimalkan kinerja. Segenap pimpinan dan anggota dewan, saya juga berharap untuk tetap memberikan dukungan sebagai faktor pendorong (push factor) dan faktor penarik (pull factor) yang berkaitan dengan kinerja secara universal,” tambah bupati.
Berbicara prestasi, dalam acara ini juga diberikan beberapa penghargaan salah satunya Lomba Evaluasi Administrasi Kinerja Perangkat Daerah Tingkat Kabupaten Mojokerto (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau disingkat SAKIP), yang diikuti oleh seluruh OPD se-Kabupaten Mojokerto. Lomba ini merupakan kali pertama dilakukan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Mojokerto.
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mojokerto keluar sebagai juara I dengan nilai 71,16/B, disusul RSUD Dr Soekandar sebagai juara II dengan nilai 69,69/B, serta Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Mojokerto sebagai juara III dengan nilai 69/36/B.
Setidaknya ada 5 komponen penilaian yang dipakai, yakni perencanaan kinerja dengan bobot 30 persen, pengukuran kinerja dengan bobot 25 persen, pelaporan kinerja dengan bobot 15 persen, evaluasi kinerja dengan bobot 10 persen serta pencapaian kinerja berbobot 20 persen.   
Dalam upacara hari jadi tersebut juga dilakukan penandatanganan prasasti untuk peresmian pembangunan Jembatan Sadar Kecamatan Mojoanyar, Pendopo Kecamatan Mojosari dan pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Mojojajar, Kecamatan Kemlagi.  
Kegembiaraan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-724 kali ini juga dibagi kepada masyarakat dengan acara bakti sosial bersama Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto. Istri bupati sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa, turun langsung menemui keluarga tidak mampu (utamanya penyandang difabel). Bekerja sama dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) BPR Majatama, Ikfina mengunjungi 7 titik di Kecamatan Sooko, guna menyerahkan langsung bantuan berupa sembako. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari (9-10 Mei) di desa-desa wilayah Kabupaten Mojokerto.  
Sebagai informasi, sehari sebelum hari H telah dilaksanakan rangkaian acara lain yakni Rapat Paripurna Istimewa DPRD Tahun 2017 di Graha Wichesa, dilanjutkan ziarah makam mantan bupati pada hari yang sama, Senin, 8 Mei 2017.  
Beberapa acara tambahan turut menyemarakkan rangkaian hari jadi. Di antaranya lomba futsal (17-19 April), Festival Kesenian Bantengan (22 April 2017), Lomba Olahraga Tradisional (3-4 Mei 2017), Pemilihan Duta Wisata Gus dan Yuk 2017 di Pelataran Candi Brahu, Pesta Rakyat dan Pameran Produk Unggulan UMKM 2017 di Terminal Pungging (11/5) malam, Pagelaran Wayang Kulit di Pendopo Graha Majatama (12/5), Festival Kirab Budaya Majapahit di Trowulan (14/5) serta beberapa acara menarik lainnya seperti Lomba Sepak Takraw, Lomba Dayung, Lomba Voly dan Lomba Lari 10K.
Hadir dalam upacara Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-724 kali ini, istri bupati sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa, Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto, Yayuk Pungkasiadi, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Herry Soewito, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Ismail Pribadi, mantan Penjabat (Pj) Bupati Mojokerto, M Ardi Prasetiawan, Forkopimda, Kepala OPD Kabupaten Mojokerto juga organisasi masyarakat. Upacara ditutup dengan acara potong tumpeng oleh bupati atas nama masyarakat, untuk kemudian diserahkan kepada Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto. (anang)

No comments:

Post a Comment