Saturday, October 1, 2016

UNTAIAN PERISTIWA

PEMKOT SURABAYA LAUNCHING WEBSITE KHUSUS
SAMBUT PREPCOM III UN HABIBAT

Layout desain website prepcom3surabaya2016.id.
PEMKOT Surabaya secara resmi me-launching website prepcom3surabaya2016.id. Peluncuran website tersebut sebagai salah satu bentuk persiapan Surabaya sebagai tuan rumah Preparatory Committee (PrepCom) III UN Habitat pada 25-27 Juli mendatang.
Walikota Tri Rismaharini mengatakan, prepcom3surabaya2016.id memuat informasi lengkap seputar Kota Surabaya. Beragam menu sengaja disajikan untuk mempermudah para peserta konferensi mengakses informasi dari negara asal masing-masing. Peserta PrepCom III UN Habitat sendiri diperkirakan mencapai 4.000 hingga 5.000 orang dari 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Lebih lanjut, Bu Risma - sapaan Tri Rismaharini - menjelaskan, Pemkot Surabaya telah menyiapkan paket-paket kunjungan lapangan khusus bagi para peserta konferensi. Tiap paket didesain lengkap meliputi kampung, taman, tempat pengolahan sampah, serta sekolah. Ada pula paket yang disertai usaha kecil menengah (UKM) binaan pemkot dan sentra pedagang kaki lima (PKL). Paket kunjungan lapangan tersebut dapat dilihat di menu special events – field visit.
“Jadi mereka (para peserta konferensi) bisa mendapat gambaran lokasi-lokasi di Surabaya beserta deskripsi, potensi dan foto-fotonya,” kata Bu Risma saat acara launching di Balai Kota Surabaya, Senin (25/4).
Selain itu, pemkot juga memberikan paket-paket city tour yang telah terklasifikasi sesuai kategori jenis wisatanya. Sebut saja, paket cagar budaya, paket wisata religi, paket belanja dan kuliner, paket sejarah serta paket kesenian. Jika field visit masih ada kaitannya dengan studi banding perkotaan, city tour lebih kepada upaya pemkot memberikan alternatif hiburan kepada para peserta konferensi. Agenda city tour diharapkan mampu menghilangkan rasa penat para peserta di tengah padatnya jadwal konferensi.
Sedangkan menu-menu lain yang dapat dijumpai dalam website itu di antaranya, taman kota, kuliner, fasilitas publik dan tempat belanja. Para pengunjung website juga dapat menikmati keindahan Kota Surabaya yang terbingkai dalam parade foto dalam menu gallery.
Bu Risma menambahkan, website ini didesain interaktif. Yakni, dengan menyediakan fasilitas tanya-jawab bagi para peserta Preparatory Committee (PrepCom) III UN Habitat. “Kalau ada yang kurang jelas, peserta bisa bertanya di menu yang telah disediakan,” imbuh walikota perempuan pertama di Surabaya ini.
Kabag Humas Pemkot Surabaya, M Fikser, mengatakan, guna mensukseskan website ini pihaknya menggandeng seluruh komunitas fotografer di Surabaya. Fikser menyebut, sedikitnya 15 komunitas fotografer turut mendukung pengisian foto-foto dalam website secara sukarela. Foto-foto tersebut dikombinasikan dengan foto-foto koleksi Bagian Humas Pemkot Surabaya, sehingga menghasilkan tampilan foto dengan kualitas baik, sesuai kebutuhan website. “Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan komunitas fotografer se-Surabaya,” tuturnya.
Sementara itu, Sekretaris Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rina Agustin Indriani, yang turut hadir dalam acara launching mengapresiasi website prepcom3surabaya2016.id. Rina menilai, informasi yang disajikan dalam website itu sudah sangat lengkap sehingga dapat menjadi panduan bagi para peserta.

“Semoga melalui website ini, Surabaya dan Indonesia bisa lebih dikenal. Dan harapannya, para peserta bisa tinggal lebih lama di Indonesia untuk mengeksplorasi segala potensinya,” ujar Rina. (Rilis) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment