Saturday, October 1, 2016

SOLO RAYA

JAMBORE DESA SIAGA KE-XI

Tujuan kegiatan ini di antaranya meningkatkan kepedulian pemuda mengatasi 
masalah kesehatan serta menjadi pelopor perilaku hidup bersih dan sehat 
dalam upaya penurunan AKI/AKB (Angka Kematian Ibu/Bayi).
DALAM upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat guna mewujudkan visi Sukoharjo Sehat perlu melibatkan generasi muda pada penyelesaian masalah kesehatan karena mereka memiliki komitmen yang tinggi dan peduli terhadap masalah kesehatan masyarakat. Guna mendukung Desa Siaga Aktif perlu keterlibatan  Pemuda Siaga Sehat (DASIAT).  DASIAT  merupakan potensi unggulan di Sukoharjo dengan tujuan meningkatkan peran pemuda dalam pengembangan Desa Siaga Aktif untuk mengatasi masalah kesehatan prioritas utama masalah kesehatan ibu dan bayi dalam upaya penurunan AKI (Angka Kematian Ibu) melalui pemberdayaan DASIAT, dengan metode alternatif  yaitu Jambore Desa Siaga kegiatannya berupa Lomba cerdas cermat, lomba media/poster kesehatan, penyuluhan kesehatan dan outbond yang dilaksanakan pada hari Jum'at  siang s/d  Sabtu  malam (22-23/4) bertempat di River Hill Tawangmangu.
Apel pembukaannya dilaksanakan Sabtu pagi dengan diadakan penyematan tanda peserta oleh Bupati Sukoharjo, H Wardoyo Wijaya SH MH, dan Ketua TP PKK Kabupaten Sukoharjo, Ibu Hj Etty Wardoyo, dilanjutkan lomba yel-yel dan outbond.
"Pesertanya sebanyak 180 orang  dari 12 kecamatan, masing-masing kecamatan mengirimkan 1 regu dari unsur DASIAT dan petugas Promkes Pemberdayaan sejumlah 15 orang," tutur dr Guntur S selaku ketua panitia. 
Tujuan kegiatan ini di antaranya meningkatkan kepedulian pemuda mengatasi masalah kesehatan serta menjadi pelopor perilaku hidup bersih dan sehat dalam upaya penurunan AKI/AKB (Angka Kematian Ibu/Bayi). "Upaya penurunan AKI bukan hanya merupakan tanggung jawab dari Dinas Kesehatan saja namun perlu mendapat dukungan semua pihak, baik dari pemerintah secara lintas sektor dan lintas program juga masyarakat maupun pihak lainnya. Oleh sebab itu saya memberikan apresiasi yang setingi-tingginya pada DASIAT yang telah berjuang tanpa pamrih, yang telah rela mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran," tandas bupati.
Hadir pada kesempatan ini Ketua DPRD Kabupaten Sukoharjo, Nurjayanto SIP, beserta istri, Sekretaris Daerah Drs Agus Santosa beserta istri, jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Asisten, Kepala SKPD, Ketua TP PKK kecamatan dan tamu undangan. (Ist) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment