Thursday, October 5, 2017

BALANGAN BUMI SANGGAM

Lima Pelajar Balangan Jadi Duta Bangsa
Mendapatkan Beasiswa Pendidikan Ke Tiongkok


PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Balangan sangat mendukung dengan adanya program beasiswa pendidikan ke Negeri Tirai Bambu, Tiongkok, dari Yayasan Indonesia Tionghoa Culture Centre (ITCC). Bukti dari dukungan tersebut adalah SKPD terkait seperti Dinas Pendidikan Balangan akan memberikan rekomendasi atau kemudahan untuk pelajar yang terpilih dan akan berangkat.
Namun Pemkab Balangan juga berharap kepada para siswa dan siswi Balangan yang nantinya akan melanjutkan pendidikannya ke luar negeri, agar setelah selesai pendidikannya kembali ke daerah asal dan dapat mengabdikan dirinya untuk kemajuan Bumi Sanggam.
Seperti Muhammad Arifin asal SMAN 1 Paringin, Hasmal Wahid Kurniawan asal SMAN 1 Paringin, Elinda Norsanti juga asal SMAN 1 Paringin, dan Tiya Ike Dwy Yanti asal SMKN 1 Batumandi, serta Nur Syifa Fauzia, warga Balangan, lulusan SMAN 1 Tanjung, yang merupakan lima pelajar asal Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, berhasil mendapatkan beasiswa dari Yayasan ITCC. Mereka menjadi bagian duta bangsa dari 350 siswa se-Indonesia yang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan gratis di Tiongkok dan Taiwan.
Dahlan Iskan selaku Pembina ITCC, bertempat di Gedung DBL Jalan A Yani No. 88 Surabaya, melepas ke-350 siswa yang menjadi duta bangsa untuk berangkat ke Negeri Tirai Bambu tersebut. Hadir pada kesempatan itu Sinta Nuriyah Wahid, Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Hj Nursidah Ansharuddin, yang merupakan istri dari Bupati Balangan, H Ansharuddin, dan beberapa Kepala Daerah di Indonesia.
Dahlan Iskan menyampaikan antusiasme pelajar Indonesia untuk belajar ke luar negeri yang terus meningkat. Buktinya, setiap tahun jumlah penerima beasiswa ini terus bertambah. Hal tersebut juga membuktikan bahwa semangat menuntut ilmu dari pelajar Indonesia semakin bagus. Tidak hanya dari kota-kota besar saja, namun siswa dari pelosok wilayah Indonesia juga memiliki kesempatan yang sama mengejar ilmu ke luar negeri.
Beasiswa dari ITCC tersebut diberikan secara rutin setiap tahun dengan kuota yang terus bertambah, dan memberikan kesempatan pelajar Indonesia meraih gelar pendidikan setinggi-tingginya. Beasiswa ini juga tidak menutup peluang untuk lulusan pondok pesantren. Hingga saat ini sudah ada sembilan universitas ternama yang menjadi tujuan dari beasiswa ini, yaitu tujuh universitas di Tiongkok dan dua di Taiwan.
Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan selaku SKPD yang mengurus masalah pendidikan melalui Sekretarisnya, Suwarso SPi, mengaku sangat berterima kasih dengan adanya program tersebut. Sebab, dengan program beasiswa pendidikan hingga ke luar negeri seperti yang dimiliki ITCC jarang diperoleh pelajar Balangan. Program luar negeri biasanya ditangani pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan. Dan ini sangat mengejutkan sekaligus membanggakan bagi masyarakat Balangan dan Disdik Balangan karena ada 5 pelajar Bumi Sanggam yang akan kuliah di Tiongkok.
Dijelaskan, meskipun bukan menjadi program pemerintah pusat dan daerah, program seperti ini sangat baik untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM). Untuk itu, Pemkab Balangan sangat mendukungnya. 
Terpisah, Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Hj Nursidah Ansharuddin, mengungkapkan kegembiraannya dengan adanya pelajar yang kuliah di Tiongkok, yang tentunya akan dapat dijadikan sebagai teladan untuk pelajar lainnya. "Mudah-mudahan di tahun depan, siswa Balangan yang kuliah ke Tiongkok melalui program beasiswa ITCC lebih banyak lagi. Dan tidak hanya ke Tiongkok tapi juga ke negara-negara lainnya," imbuhnya.
Salah satu penerima beasiswa, Muhammad Arifin, lulusan SMAN 1 Paringin, mengaku sangat bangga bisa kuliah ke Tiongkok. "Sangat senang sekali rasanya. Awalnya tidak percaya mendapatkan beasiswa ini. Namun, mimpi saya akan menjadi kenyataan. Kira-kira 4-5 tahun kuliah di sana," tambahnya.
Yayasan ITCC memberikan kesempatan bagi pelajar Indonesia yang berkeinginan kuliah gratis di Negeri Tirai Bambu, Tiongkok. Tahun ini ITCC memberi kesempatan bagi 500 putra-putri Indonesia untuk mengenyam pendidikan di Tiongkok.   
Sejauh ini ITCC telah bekerja sama dengan delapan universitas ternama di Tiongkok, seperti Yangtze University, Hubei University of Science & Technology, Hubei Polytechnic University, Changsha Medical University, dan kampus ternama lainnya. Hampir semua jurusan yang diidam-idamkan hingga yang tak terbersit di benak pun ada di sana.  
Selain kedokteran, ada jurusan perminyakan, kereta api, perkapalan, ekonomi, peternakan, dokter hewan, tumbuhan, farmasi, dan semuanya itu gratis all free, dari biaya kuliah dan juga asrama.
Namun, ada pengecualian. Untuk jurusan dokter umum dan dokter gigi ada biaya yang harus dibayarkan. Akan tetapi, biaya yang dikeluarkan pun sangat jauh dari standar rata-rata untuk kuliah kedokteran. Selama 6 tahun kuliah kedokteran di Tiongkok, pelajar hanya perlu menyiapkan uang Rp 215 juta. Jumlah tersebut sudah termasuk biaya praktek, hingga asrama. Jadi tidak ada lagi bayar uang praktek ini, itu, tidak ada semua sudah all in. Kuliah 6 tahun, lulus langsung dapat dua gelar MB, BS (Medicine Bachelor, Bachelor Surgery).  
Untuk persyaratan, bagi pelajar yang berkeinginan menimba ilmu dengan biaya murah bahkan gratis di Tiongkok tidak sulit. Pertama, telah lulus SMA atau sederajat, memiliki paspor, cukup berprestasi dibuktikan dengan nilai rapor, rekomendasi dari kepala sekolah, khusus untuk kedokteran nilai minimum pelajaran Biologi dari semester 1 hingga 5 adalah 7,8. Dan tentunya mencapai nilai 400 dalam Test of English as a Foreign Language (TOEFL).  
ITCC butuh 400 TOEFL, itu juga hanya diminta saat mau berangkat ke Tiongkok. ITCC akan bantu, ada training di Surabaya. Jadi, 5 sampai 6 bulan sebelum berangkat akan ditraining untuk tingkatkan skor.

Diungkapkan, ITCC juga tidak melakukan seleksi secara pribadi. Jika persyaratan telah dipenuhi, pelajar hanya perlu mengirimkan file ke ITCC melalui email. Bagi pelajar yang ingin mengenal ITCC, dapat mengaksesnya di website resminya yaitu itccentre.com. Atau, di kantor ITCC yang beralamat di Gedung Graha Pena Jawa Pos, Lt 4 R 1401 A Jalan Achmad Yani 88 Surabaya, telepon 031-8202148. Diharapkan program beasiswa ITCC dapat meningkatkan semangat siswa untuk belajar. (Tim)

No comments:

Post a Comment