Monday, August 3, 2015

LINTAS ACEH : ZIKIR AKBAR BERKUMANDANG DI MASJID AL-IKHLAS TUPIN PUNTI

Syeikh Muda Tgk Samunzir
SYEIKH Muda Tgk Samunzir Bin Husein, Guru Besar Dayah Mudi Lamno Aceh Besar, memimpin Zikir Akbar, Tausiah  dan Salawat di Masjid Al-Ikhlas Jalan Banda Aceh – Medan Tupin Punti Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara, yang berlangsung Sabtu malam (23/5).
Acaranya berlangsung khitmat, dilaksanakan secara bersama-sama oleh pakar agama Islam yang terdiri dari Panitia T Banta Ali, Abah Zarkasyi, Ketua Remaja Masjid Al-Ikhlas Tupin Punti, Abu Hasballah, Imam Besar Masjid Al-Ikhlas Tupin Punti, dan seluruh anggota Remaja Masjid serta Majelis Taklim Kemasjidan Al-Ikhlas Tupin Punti. 
Syeih Muda Tgk Samunzir yang pimpinan Zikir Dayah Mudi Lamno Aceh Besar menghadirkan sejumlah besar pakar zikir dari Banda Aceh dan Aceh Besar serta para santri dan alumni Dayah Mudi Lamno yang tersebar di seluruh Aceh. Seusai berzikir di Masjid Al-Ikhlas Tupin Punti, keesokan harinya pada Minggu pagi, Tim Zikir Akbar berzikir dan bertausiah di Komplek Situs Kerajaan Malikus Saleh Geudong Samudera Pasee dan di Masjid Besar Cunda Lhokseumawe.
Tgk Akmal Afdhal dari Tim Zikir menyampaikan tausiah dengan judul Dakwah Akbar. Ia menjelaskan manfaat zikir dan salawat supaya para peserta berkenan mengamalkan zikir dan salawat yang sangat dianjurkan Rasulullah.
Kemudian Abi Dahlan asal dari Meurah Mulia, Aceh Utara, yang lebih dari 10 tahun menjabat Pimpinan Dayah Mudi Lamno, menyampaikan pula tausiahnya yang menarik perhatian ribuan pengujung Zikir Akbar.
Seluruh Pimpinan Dayah dalam Kecamatan Syamtalira Aron dan sekitarnya hadir secara serentak ikut serta mengumandangkan Zikir Akbar yang berlangsung sukses. Di antaranya Abi Gani, Pimpinan Dayah Bustanus Sa’adah Gampong Glok Aron, Abu Jamaluddin, Pimpinan Dayah Ceubrek Aron, Tgk Abed, Pimpinan Dayah Yayasan Gampong Glok Aron, dan Tgk Mansur, Pimpinan Dayah Gampong Meuria, Syamtalira Aron, ikut serta dan larut bersama dalam Zikir Akbar tersebut.
Pengunjung Zikir Akbar berbondong-bondong mendatangi komplek Masjid Al-Ikhlas Tupin Punti, ikut serta berzikir dan bersalawat. Polisi lalu lintas sibuk mengawasi jalan raya Banda Aceh – Medan di kawasan Teupin Punti sepanjang  satu kilometer, mulai dari batas Simpang Ektreun hingga ke batas Galon Pertamina Tupin Punti. Komplek SPBU Pertamina Tupin Punti tidak beroperasi selama sekitar 6 jam lebih, mulai dari pukul 19.00 hingga pukul 01.00 WIB karena komplek SPBU itu digunakan sebagai tempat parkir mobil pribadi para pengunjung Zikir Akbar.

Pada Minggu pagi (24/5), tim rombongan Zikir Akbar seusai shalat Subuh berzikir bersama di Komplek Situs Kerajaan Pasee Malikussaleh dan siangnya berzikir, berselawat dan bertausiah pula di Masjid Besar Cunda Lhokseumawe. Seusai shalat Dhuhur berjamaah Minggu petang itu rombongan Zikir Akbar bertolak kembali ke Banda Aceh Lamno Aceh Besar. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment