Wednesday, June 7, 2017

ADVETORIAL PEMKOT SURABAYA

Bu Risma Paparkan Kemajuan Kota Surabaya
Dalam Acara Tour Atase Pertahanan Negara Sahabat

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini (Bu Risma), saat menerima kunjungan para perwira Atase Pertahanan Negara Sahabat di ruang sidang walikota (19/04).
WALIKOTA Surabaya, Tri Rismaharini (Bu Risma), memaparkan kemajuan Kota Surabaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kepada 50 perwira Atase Pertahanan Negara Sahabat di ruang sidang walikota (19/04).
Dalam kunjungan di Surabaya itu, rombongan para Perwira Atase Pertahanan (Athan) datang dari berbagai negara seperti Singapura, Brazil , Thailan, United Kingdom, Italia dan Amerika Serikat. Mereka disambut oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Hadir pula dalam acara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Surabaya, Hendro Gunawan, Kapolrestabes Surabaya, Muhammad Iqbal, Direktur Kerjasama Internasional, Kol Inf Rizarius Eko HS, para Dandim, Asisten dan jajaran perangkat daerah terkait.
Di hadapan para perwira, Bu Risma menjelaskan secara bertahap akan kemajuan yang sudah dialami Kota Pahlawan, di antaranya pembangunan kota dengan membangun pedestrian jalan untuk pejalan kaki dan pembangunan box culvert untuk menanggulangi banjir. Kemudian fasilitas sarana dan prasarana seperti command center yang berfungsi untuk menindaklanjuti laporan warga yang sedang atau melihat suatu kejadian dan pemasangan CCTV untuk memantau kemacetan jalan.
Masalah pendidikan dengan menggratiskan biaya sekolah mulai SD hingga SMP. “Khusus untuk SMA/SMK sudah tidak gratis sebab ada pengalihan fungsi yang awalnya ditangani pemkot kini berpindah tangan ke provinsi,” kata Bu Risma di sela-sela acara.
Adapula masalah terkait perekonomian. Ia mengatakan, pemkot melakukan pelatihan kepada warga Surabaya yang mengalami penyusutan ekonomi dengan mengasah keterampilan mereka kemudian mewadahi usahanya dalam bentuk UKM. “Diharapkan pelaku UKM mandiri dalam mengelola produksinya dan mampu mendongkrak pendapatan mereka,” ujar Mantan Kepala Bappeko Surabaya ini.
Walikota yang pernah dinobatkan sebagai wanita paling inspiratif versi Majalah Forbes tahun 2013 tersebut kembali menjelaskan sistem keamanan yang ada di Surabaya. Menurutnya, untuk meredam aksi kejahatan yang sudah dan mungkin akan terjadi di Surabaya, maka pemkot bekerja sama dengan TNI dan Polri melakukan sosialisasi di tiap-tiap kampung yang ada di Surabaya. “Dari hasil sosisalisasi itu didapat kata mufakat yang mana setiap kampung menugaskan warganya untuk berpatroli di kampungnya agar tercipta situasi yang aman dan nyaman,” imbuh orang nomor satu di Surabaya tersebut.
Sementara itu Direktur Kerjasama Internasional, Kol Inf TNI Rizarius Eko HS, menuturkan, acara ini dibuat untuk memperkenalkan bagaimana sistem pemerintahan yang ada di Indonesia tidak berdiri sendiri. Artinya, tiap-tiap elemen TNI berusaha membangun komponen-komponen yang kuat bagi daerahnya. “Fungsi militer tidak hanya berperang, tetapi turut membangun daerahnya seperti di Surabaya ini,” tegas Rizarius.

Usai mendengar penjelasan dari Bu Risma, para perwira yang hadir memberi pujian, salah satunya perwira asal Singapura, Tony Ong Boon Teck. Dia menuturkan, Surabaya layak dijadikan contoh pembelajaran sistem pertahanan. “Mengingat Surabaya adalah kota pahlawan, maka akan banyak sejarah yang bisa dipelajari di sini,” terang Tony. (Rilis)

No comments:

Post a Comment